Menjunjung Tinggi kehormatan Anak, Pentingkah?

Menjunjung Tinggi Kehormatan Anak adalah sebagian sekian banyak dari Orang Tua dalam MELATIH Sikap Mental Positif Mendidik Buah Hati. ” Seorang Ayah mempunyai kebiasaan menceritakan-kejelekan-anaknya didepan tamu-tamunya yang datang, padahal kita tahu anaknya ada didekatnya, sama-sama kita cermati dalam pembicaraan mereka: ” Ini lho, Andi (nama samaran) anak saya…main melulu, dan kalo di minta belajar malas banget, kemaren saat penerimaan raport sekolah 3 (tiga) angka merah itu pasti, tiap belum soal nonton “pulang sekolah..nontong depan tv hingga lupa PR sekolahnya…”

Mungkin kita pernah lihat dan mendengar pembicaraan tersebut disekitar kita…? betul apa betul? :-)

Kalau menurut Anda Bagaimana sikap Ayah ini? Tepat atau Tidak? Positif atau negatif terhadap tumbuh kembangnya anaknya? Kalau pemahaman saya terhadap sikap Ayah mungkin Ayah tersebut bermaksud untuk menyentil atau memberi rangsangan kepada anaknya agar dengan hal tersebut dapat mengubah Anaknya bersikap lebih baik… atau mungkin juga Ayah tersebut berpikir agar tamunya memberinya nasihat kepada anaknya agar berubah.

Tetapi ingat maksud baik Ayah ini malah membawa hasil tidak tepat kepada anak. MENGAPA? Karena Anak merasa dipermalukan oleh orang tuanya sendiri didepan umum atau didepan orang lain. Hal ini dapat menumbuhkan rasa sakit hati, malu, tersinggung.Coba Anda bayangkan dan kalau sikap sang Ayah ini dilakukan secara terus-menerus ketika datang tamu dan mempermalukan anaknya. Bagaimana tumbuh kembah Anak ini dewasa nanti, karena hal ini akan selalu tertanam dalam dirinya (pikiran bawah sadarnya) bukanya anak ini berubah meningkatkan kualitas diri, tetapi akan menunjukkan perlawanan dengan terus menerus melakukan kebiasaan buruknya.

Nah, hal tersebut mencerminkan bahwa Ayah ini mempunyai sikap mental negatif dalam mendidik anak. Mungkin kita sebagai Orang Dewasa, Orang Tua memiliki anggapan bahawa hanyalah Orang Tua yang harus Dijunjung tinggi kehormatannya atau mungkin orang-orang yang seusianya jauh diatas kita..betul?

Padahal sebagai orang dewasa, dan orang tua juga kita harus memahami-mengerti-bisa menjaga kehormatan semua orang, baik usianya diatas atau dibawah usai kita. Termasuk Anak-Anak kita! Kehormatan dan kewibawaan anak juga harus dijaga agar tidak harus dipermalukan dan dilecehkan.., semoga ini sebagai refleksi dan cerminan untuk kita semua sebagai orang dewasa dan orang tua dan bersama-sama membangun generasi-generasi kita yang akan datang memiliki kualitas dan mental yang baik..

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s