Parenting Education – Anak Kreatif (1)

Parenting Education – Anak Kreatif (1)

Dalam gedung yang beruangan yang sejuk dan ber-AC berlantai-3  berlokasi ditengah-tengah kota Surabaya berkumpul lebih kurang 50 orang bercengkerama, berdiskusi tentang pengalaman-pengalaman mereka dalam bahtera keluarga khusus membahas hubungan orang tua dan dengan buah hati yang tercinta.

Diperbincangan itu yaitu dalam sesi berbagi akan pengalamannya kini antar peserta satu dengan yang lainnya menceritakan bagaimana ia bisa menjadikan Orang Tua sebagai Pembimbing, Pelatih anak menjadi sosok yang berkreatifitas . Banyak sekali masukan dan ide orang tua Hebat yang hadir didalam kelas seminar Parenting Education waktu itu.

Pada moment ini saya akan meringkasnya buat Anda (pembaca) dan semoga menjadikan pembekalan bagi Anda sebagai Orang Tua, Calon Orang Tua.

Bagaimana kita sebagai Orang Tua menjadikan Anak-anak kita atau Generasi Penerus menjadi pribadi Kreativitas…. :

1.      Berkreasi Setiap Hari.
Untuk menunjukkan Kependulian kita sebagai orang tua agar anak memiliki kreasi maka kita ajarkan buah hati dengan sesuatu yang kreatif. Misal dengan menggambar, melipat kertas, bermain game (sesuai dengan porsinya), permainan-permainan yang educatif, bernyanyi, bercerita, dan masih banyak lagi….
Usahakan untuk menemukan sesuatu yang berbeda dan baru agar anak tidak merasa bosan dan terpacu lebih berpikiran kreatif.
2.    Menggunakan latihan dengan dua sisi Tubuh
Hal ini tidak lasim dilakukan. Namun ini sangat baik digunakan sebagai latihan buah hati sejak dini. Bagaimana caranya? Dengan melatih anak melakukan sesuatu dengan menggunakan kedua sisi tubuh. Contoh paling sederhana yang mungkin bisa dilakukan dengan sedehana saat anak berlatih menggambar atau mewarnai menggunakan tangan kanan yang biasa digunakan aktifitas sehari-hari (menulis, sikat gigi, makan dll). Maka, kita akan mengajarinya menggunakan tangan kiri. Bila dapat dilatih hal ini sehari-hari dengan menggunakan tangan bergantian.
3.    Memiliki tokoh yang di teladani
Menunjukan dan memperkenalkan tokoh dunia yang telah sukses, anak menjadi tahu berbagai kepribadian dan prestasi orang lain. Kenapa ini Penting? Sebab anak-anak suka sangat meniru orang lain. Tokoh-tokoh itu seperti pahlawan, penemu, ruhaniah, dan tokoh-tokoh lain yang bisa dijadikan teladan bagi buah hati. Perlu diperhatikan pula dalam memberikan contoh, hindari anak mengindolakan tokoh-tokoh kartun (tom & Jery, Superman), bukan berarti hal ini tidak boleh usahakan tokoh-tokoh seseorang yang Nyata.
4.    Meningkatkan kata pada perbendaharaan kata pada anak
Semakin tinggi perbendaharaan kata anak, maka ia menjadi lebih mudah dalam memahami sesuatu, misalnya dengan membaca artikel.
5.    Melatih Kemampuan Mendengar pada anak
Agar Indera  pendengaran bisa terlatih dengan baik, alangkah baiknya kita sebagai orang tua mengajak buah hati untuk mendegarkan lagu, cerita, lalu menanyakan hal-hal yang berhubungan dengan lagu dan cerita tersebut. Untuk melatih indera penglihatan mungkin akan lebih mudah karena saat anak melihat televisi,dll anak sudah belajar dan mengerti sesuatu dengan penglihatan

(to-be continue…(2)) detail, luangkan waktu Anda mengikuti program kelas kami di “parenting education” hubungi : 0813.134.080.99

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s