Parenting Education – Anak Kreatif (2)

Terimakasih! Layak saya ajungkan JEMPOL buat Anda sebagai Orang Tua hingga kini Anda terus belajar berupaya dan menggali kemampuan haus akan ilmu khususnya dalam bidang Parenting,  sebelum saya melanjutkan terlebih dahulu saya mengulas kembali agar INGAT bagaimana menjadikan putra-putri kita sebagai Anak Kreatif, cerdas dan Sukses :

  1. Berkreasi Setiap Hari.
  2. Menggunakan latihan dengan dua sisi Tubuh
  3. Memiliki tokoh yang di teladani
  4. Meningkatkan kata pada perbendaharaan kata pada anak
  5. Melatih Kemampuan Mendengar pada anak,  Nah, kelima hal tersebut yang tetap kita harus ingat dari pelajaran sebelumnya dan untuk pelajaran berikutnya, mari selanjutnya kita bedah satu-persatu adalah: 
  6. Menggunakan warna-warni saat Bermain dan belajar : Wow, Menggunakan warna-warni saat bermain dan belajar.Kenapa hal ini penting? Saat anak-anak bermain kita berikan mainan anak-anak itu berwarna-warni? Ya, betul Ayah –Ibu yang Baik, mungkin sebagian dari kita berpendapat dengan warna-warni dapat untuk menarik minat anak-anak untuk membeli mainan yang ditawarkan. Namun bila kita sebagai orang tua sudah memahami dengan benar, sebenarnya ada fungsi lain yang lebih bermanfaat saat kita memberikan Warna-warni yang biasa dipakai dalam mainan anak yaitu bisa untuk mengaktifkan otak kanan. Nah, samakin jelas ya…, Jadi pada saat buah hati kita belajar menulis, menggambar, dan mewarnai, usahakan menggunakan pensil atau peralatan lain yang berwarna-warni.
  7. Melatih ketelitian Anak : Mmmm,.hal ketelitian juga perlu kita ajarkan. Saat anak melihat sebuah gambar jerapah, akan lebih mudah bagi anak untuk mengatakan bahwa itu adalah seekor jerapah, daripada melihat kaki jerapah yang panjang dan selanjutnya kita meminta anak menyebutkan alasan kenapa kaki jerapah begitu panjang. Mengapa hal ini sangat penting? Karena dengan membiasakan anak untuk belajar sesuatu secara lebih mendetail atau kompleks, maka anak-anak akan menjadi lebih termotivasi untuk “mengenal secara lebih” tentang sesuatu yang sudah mereka ketahui. Sehingga kelak setelah mereka dewasa, mereka tidak hanya tertarik untuk menggunakan sesuatu yang telah ada, namun menemukan hal-hal baru lain tentang sesuatu yang pernah ia pakai dan menciptakan sesuatu yang baru lewat sesuatu yang telah ada.
  8. Memberikan liburan yang kreatif : Saat kita ingin memberikan agenda berlibur untuk anak. Liburan yang kreatif tidak harus mahal, namun yang terpenting adalah sesuai dengan minat anak. Hal ini bahkan bisa dilakukan di rumah. Misalnya dengan berkebun, mendekorasi rumah, membuat kreasi pernik-pernik, dan masih banyak lagi. Bila perlu kita juga mengajak anak berlibur di luar rumah, misalnya ke tempat wisata yang memiliki permainan outbound. Anak-anak aktif biasanya akan menyukai hal ini, karena segala “emosi dan jiwa” mereka bisa tersalurkan dengan baik. Selain itu, dari pembinaan kakak outbound, anak akan mendapatkan banyak pelajaran tentang arti kerjasama, toleransi, sosialisasi, dan lain-lain. Anak aktif juga harus memiliki moral dan etika yang baik kan? Selain itu diperlukan juga.
  9. Jangan terlalu serius mendidik anak : Hal ini juga penting dalam mendidik anak, terutama suasana keluarga yang terlalu serius dan kaku, biasanya juga kurang mendukung kreatifitas anak untuk bisa berkembang. Bila perlu dan memang perlu seperti Gurauan dan humor-humor kecil sangatlah penting di dalam sebuah keluarga. Kita bisa mengajak buah hati kita bercanda pada saat-saat santai, membacakan cerita humor, menceritakan pengalaman sehari-hari yang lucu, dan masih banyak lagi cara lain yang bisa membuat anak merasa rileks saat bertemu dengan orang tuanya. Hal ini juga akan membuat anak merasakan suka cita saat berada di dalam rumah, sehingga anak-anak kita pun bisa lebih ekspresif terutama yang berhubungan dengan kreatifitas yang dia minati dan bakat yang dimiliki.
  10. Melatih kemampuan otak kanan: Dengan mengajak anak-anak bernyanyi, berpuisi, menggambar, dan berbagai macam kegiatan kreatif lainnya, kemapuan otak kanan akan bekerja dengan lebih optimal. Di sekolah, biasanya anak-anak akan lebih cenderung menggunakan otak kiri, dan bila kemampuan otak kanan dan kiri bisa bekerja dengan baik dan seimbang, maka anak-anak tidak hanya akan berpeluang mendapatkan prestasi di bidang akademisa saja, melainkan bisa meraih prestasi-prestasi di bidang yang lain, misalnya kesenian. dan kami menunggu pengalaman Anda di kelas “parenting education” yang kami selenggarakan untuk menghubungi: 0813130408099. Sampai Jumpa
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s